belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Probiotik

Tiap keluarga, punya kombucha.

Misi kami adalah, membantu tiap keluarga di Indonesia, agar punya sumber probiotik, yang bisa dengan mudah dibuat sendiri dirumah.
Putu Adi
Founder Wikikombucha.com

Tentang Project

Pertanyaan umum


Apa yang kami kerjakan

Lewat situs wikikombucha.com, kami membantu tiap keluarga di Indonesia agar memiliki sumber probiotik, yang bisa dibuat sendiri dirumah.

Dan kami sendiri sudah mendalami kombucha sejak tahun 2009, kemudian mulai mengembangkan produk kombucha sejak 2010, dan akhirnya mulai memasarkan produk kombucha siap minum ke market sejak tahun 2014.


Latar belakang

Sistem pencernaan yang sehat, bertanggung jawab penuh atas kesehatan tubuh secara menyeluruh. Karena disanalah tempat diolahnya makanan yang kita makan, untuk kemudian di distribusikan ke seluruh tubuh.

Untuk memproses makanan, organ pencernaan kita tidak bisa melakukannya sendiri, ia butuh bantuan bakteri probiotik untuk mengekstrak sari makanan, barulah organ pencernaan yang meneruskannya ke sistem peredaran darah, untuk kemudian distribusikan ke seluruh tubuh.

Tugas bakteri probiotik disini sangatlah krusial, Namun banyak yang tidak menyadari bahwa, beberapa jenis makanan yang kita makan sehari hari, dapat melemahkan dan bahkan membunuh bakteri probiotik di dalam usus.

Sehingga akibatnya, jumlah dan kualitas bakteri probiotik di dalam usus kita, jadi menurun. Kalau sudah begitu, makanan sehat yang kita konsumsi sehari-hari tidak dapat di serap tubuh secara optimal. Dengan begitu, tubuh tidak mendapatkan suplai nutrisi yang cukup baik. Jika ini terjadi berangsur lama, maka inilah awal mula dari tubuh yang lemah dan mudah sakit.


Sumber Probiotik

Saat ini terdapat beragam opsi yang bisa kamu pilih sebagai sumber probiotik. Ada yang berbentuk suplemen pil dan tablet, ada yang berupa makanan/minuman dalam kemasan, seperti produk susu fermentasi dan yougurt. Ada pula yang berupa olahan makanan, seperti kimchi dan Sauerkraut.

Tapi kebanyakan produk - produk olahan probiotik yang dibuat secara industrial (pabrik), sudah tidak murni probiotik lagi, karena sudah mengalami penambahan zat - zat kemikal seperti pewarna, pemanis, aroma, dan pengawet sehingga bisa bertahan lama di toko.


Solusi yang kami tawarkan

Adalah kombucha! yang merupakan satu jenis probiotik yang paling ideal sebagai sumber probiotik harian. Karena rasanya enak dan segar, 100% alami, murah karena hanya berbahan teh dan gula, dapat gunakan berulang - ulang (engga habis-habis), dan dapat dikonsumsi oleh semua umur dan semua kalangan (halal).

Kombucha adalah minuman probiotik yang bisa dengan mudah dibuat sendiri dirumah, terbuat dari seduhan teh manis yang difermentasi selama 1 minggu di dalam toples kaca, difermentasi menggunakan satu jenis ragi yang disebut scoby. Simak tentang scoby disini.

Siapkan toples kaca kamu sekarang, dan mulailah bikin kombucha dirumah.


Cara bikin kombucha dirumah

Proses singkatnya seperti ini. Siapkan peralatan berupa toples kaca, dan bahan berupa teh dan gula pasir. Pertama - tama, panaskan air sampai mendidih, seduh teh dan gula sekitar 5 menit, lalu dinginkan. Setelah seduhan teh dingin, tuangkan ke dalam toples kaca, kemudian campurkan dengan kombucha starter (scoby), lalu tutup lubang toples menggunakan kain/tisu, dan simpan toples selama 1 minggu di suhu ruangan dan ditempat yang bersih, kering, dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Setelah satu minggu, yang awalnya seduhan teh biasa, kini sudah berubah menjadi teh kombucha, yang merupakan minuman probiotik yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Selain mengandung bakteri probiotik, kombucha juga mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh sehari - hari, seperti : vitamin C, vitamin B kompleks, berbagai macam asam organik, dan enzim.

Kamu bisa mengkonsumsinya langsung dengan menuangkannya ke dalam gelas. Tanpa dimasak, dan tanpa ditambahkan apa apa lagi. Boleh ditambahkan es batu atau didinginkan di dalam kulkas. Tapi bagian paling seru dari membuat kombucha dirumah adalah, membuat kombucha bersoda dengan rasa-rasa buah. Semuanya bisa kamu simak di panduan wikikombucha.com


Bukti ilmiah

Hingga saat ini, sudah banyak sekali penelitian tentang kombucha yang dilakukan di laboratorium diseluruh dunia, termasuk di indonesia. Yang mengindikasikan, kombucha sebagai minuman probiotik yang luar biasa.

Jurnal - jurnal ilmiahnya bisa kamu cari sendiri di Google Scholar, atau sumber - sumber lain yang memuat jurnal - jurnal publikasi ilmiah, seperti medscape, sciencedirect, researchgate, dan kamu juga bisa menemukan penelitian tentang kombucha di kampus - kampus jurusan mikrobiologi.

Untuk pengetahuan lebih lanjut tentang kombucha, kamu bisa akses langsung wikikombucha.com atau baca buku berjudul "Teh dengan Seribu Khasiat", ditulis oleh : dr. Henry Naland, Sp.B (K) onk, bisa kamu beli di Google Books.


Customer kami

Di Indonesia sendiri, kami sudah banyak mensuplai kombucha starter (scoby) untuk kebutuhan penelitian, termasuk LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), beberapa laboratorium untuk pengembangan produk dan obat-obatan, kampus - kampus untuk penelitian dan skripsi (UGM, IPB, Udayana, dll...).

Kami juga mensuplai produsen - produsen kombucha kemasan botol di Seluruh Indonesia. Diluar itu, customer kami kebanyakan dari masyarakat umum, tersebar di 256 kota/kabupaten di Indonesia (data per Juli 2021).


Kombucha Starter

Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan

Scoby S   3 Liter

Rp. 65.000 Tersedia!

Cocok untuk kamu yang masih pemula, yuk bikin kombucha pertama kamu dengan scoby diameter 9cm, kapasitas produksi 3 liter. Lebih lengkap



Scoby M   7 Liter

Rp. 115.000 Tersedia!

Cocok untuk kamu yang masih pemula, diameter scoby 16cm, dengan kapasitas produksi 7 liter. Lebih lengkap



Scoby L   14 Liter

Rp. 235.000 Tersedia!

Cocok untuk kamu yang masih pemula, diameter scoby 9cm, dengan kapasitas produksi max. 3 liter. Lebih lengkap



Peta customer

lebih dari 3000 customer

Peta customer

Customer kami tersebar 256 kota/kabupaten di Indonesia (data per Juli 2021).


Review customer

Customer yang puas (data real time)


Maaf koneksi gagal: Connection timed out