Jumlah Pengunjung Web Drop/Turun Drastis Setelah Saya Melakukan Ini

Jumlah pengunjung web saya, turun/drop tiba-tiba secara signifikan, setelah saya melakukan hal ini. Lalu sebenernya apa sih penyebabnya?

Kronologi

Salah satu website milik saya, yang sudah dikenlola sekitar hampir 2 Tahunan ini, dari awal dibangun, menunjukan pertumbuhan yang positif, dimana trafik atau pengunjung websitenya, berangsur-angsur naik. Walaupun kenaikan perhariinya sangat sedikit, tapi jumlahnya selalu meningkat dari waktu-kewaktu.

Awal bulan November 2023 kemarin, saya menyusun sebuah strategi SEO untuk website (nantinya bisa diterapkan ke website manapun). Dan sayapun sudah tau, bahwa ini sangat beresiko. Tapi kalau tidak dicoba, saya tidak akan pernah tau, apakah ini akan berhasil atau tidak. Karena berhasil atau enggaknya, tergantung apakah ini terdeteksi pelanggaran atau tidak oleh algoritma google.

Kalau terdeteksi pelanggaran, ya sudah! habislah sudah. Perjuangan saya ngembangin website ini selama 2 tahun akan sia-sia, karena website bisa saja di banned/blokir oleh Google.

Tapi bagaimana kalau tidak? ternyata rencana ini berjalan dengan lancar. Maka saya yakin, webiste ini bakal naik banget jumlah pengunjungnya, secara signifikan. Karena menurut teori saya, cara ini bisa digunakan untuk “memanipulasi” Google crawl, saat merayapi halaman website kita.

Saat orang-orang mengetikan kata kunci di google, seakan-akan website kita ini, menyediakan informasi yang paling lengkap. Sehingga algoritma google, mengangkat artikel kita ini, sebagai rangking 1. Atau minimal, di halaman 1, hasil pencarian google.

Biar engga cuman jadi rencana belaka, akhirnya tepat pada tanggal 13 November 2023, saya mulai praktek!, dengan menerapkan metode ini, di salah satu website saya.

Secara garis besar, strateginya seperti ini :

Pada contoh kasus kali ini, kita akan membidik satu kata kunci, yaitu “Nyeri Ulu Hati”. Untuk memulainya, kita membuat blog post baru berjudul “Nyeri Ulu Hati”. Jangan tambahkan apa apa, nanti untuk meta Judul SEO nya, kita otak atik di plugin yoast SEO (judul yang tampil di hasil pencarian).

1. Buat Blog Post baru berjudul “Nyeri Ulu Hati”

2. Buka google.com, Ketik kata kunci “Nyeri Ulu Hati”, lalu enter. Maka akan tampil hasil pencarian.

3. Cek dibawahnya, biasanya akan ada bagian “Orang lain juga bertanya”. Seperti yang kita lihat di gambar dibawah, ada 4 baris. Nah lalu salin ke 4 pertanyaan itu ke texteditor atau notepad atau semacamnya. Selanjutnya, hal ini kita sebut dengan istilah “Pertanyaan Umum”.

4. Dari hasil pencarian tadi, scroll lagi kebawah, nanti kamu akan menemukan “Penelusuran terkait”. Seperti yang tampil di gambar dibawah, salin ke 8 kata kunci itu. pindah ke texteditor atau notepad atau semacamnya. Selanjutnya kita sebut ini dengan istilah “Judul sub artikel”.

5. Di artikel utama yang berjudul “Nyeri Ulu Hati” tadi, setelah kita tulis isi artikelnya, dibagian bawah kita sematkan semua “Pertanyaan umum” pada point 3 diatas, beserta jawaban singkatnya. Contohnya seperti ini.

6. Sedangkan hasil “Penelusuran terkait” pada point 4, kita gunakan sebagai judul artikel juga, yang akan menjadi sub artikel utama.

7. Di tiap halaman sub artikel, selain menulis isi artikelnya (berdasarkan sub judul artikel), kita juga referensikan, atau sematkan link artikel utama. Contoh seperti gambar dibawah ini. Semua sub artikel, kita sematkan link artikel utama.

Jadi, kalau kita petakan, 1 artikel akan memiliki banyak sub artikel. Dan tiap sub artikel, akan mereferensikan atau menyematkan link artikel utama.

Nah sebetulnya, ini baru permukaannya saja, banyak hal detil yang tidak bisa saya jelaskan di sini, karena nanti kepanjangan. Intinya secara garis besar, strateginya seperti ini.

Dengan menerapkan strategi ini, tiap hari saya harus menulis rata-rata sekitar 9 artikel baru. 1 Artikel utama, sisanya adalah sub artikel.

8. Nah tahap terakhir, setelah nge post artikel baru, tentu kita harus melakukan index artikel baru tadi di Google Search Console.

Kabar buruk

Nah, sekitar 8 hari, saya menjalankan strategi ini, dari step 1 ke step 8. benar-benar konsisten nge-post 9 artikel baru tiap harinya. Memang tiap hari saya perhatikan ada penurunan, tapi kalau di Google Search Console, memang wajar jika ada penurunan sedikit, tapi setelah setiap hari saya pantau, dari tanggal 13 November 2023, sampai 20 November 2023 (8 hari) trafik atau pengunjung webnya selalu bergerak turun, nggak pernah ada tanda-tanda kenaikan (yang ditandai merah).

Di hari ke 8, akhirnya saya memutuskan untuk tidak melanjutkan strategi ini. Dengan kata lain, dari tanggal 13 – 20 November 2023 (total 8 hari), dimana artikel yang sudah saya post adalah 72 artikel. Ternyata bukannya menaikan jumlah pengunjung, melainkan membuat jumlah pengunjung website jadi turun drastis/drop. Akhirnya saya berasumsi, bahwa strategi ini terdeteksi sebagai pelanggaran oleh algoritma google.

Catatan : saya sudah pastikan tidak ada masalah di hal-hal lain, seperti performa, masalah pengindexan, link yang bermasalah, dll. Semua aman, semua sehat, tidak ada indikasi masalah apa apa, pada websitenya.

Dititik ini, saya lebih banyak bengang-bengong, sambil mikirin solusi untuk mengatasi kekacauan yang saya ciptakan sendiri ini 😁

Selama bengang-bengong, website ini benar-benar tidak saya sentuh sama sekali. Saya menyibukan diri dengan project saya yang lain.

Kabar baik

Setelah 8 hari saya biarkan begitu saja, tanpa menyentuhnya sama sekali, hari ini (Tanggal 30 November 2023) saya cek di Google Search Console, trafiknya naik secara signifikan. Melampaui jumlah sebelum-sebelumnya (rekor baru). dari yang sebelumyna, drop parah (tanda merah).

Apa yang sedang terjadi? saya juga engga tau! 😂

Kesimpulan

Tentu saya belum bisa memberikan kesimpulan utuh ya, karena saya juga tidak tau apa yang terjadi hari hari berikutnya. Tapi sementara ini yang bisa saya simpulkan adalah. Bahwa strategi ini aman, dan saya coba cari tau apa yang menyebabkan pengunjung web kemarin, turun drastis. Nanti pasti saya update lagi kalau ada perkembangan terbaru.

Salam Berkarya!
Putu Adi.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments