Website kamu error “Function register uninstall hook was called incorrectly”? ini solusinya!

Kronologi

Ini adalah salah satu website client saya. dan tiba – tiba doi chat whatsapp whatsapp, bilang ada error di bagian atas tiap halaman. Setelah saya cek, ternyata benar. Bahkan di halaman WP Adminnya juga muncul error yang sama.

Sebelum nyari info di google, saya coba cari tau sendiri masalah apa apa, dengan cara melihat lokasi/posisi errornya. Dari errornya posisinya ada di file fungctions.php di folder wp-includes. Tepatnya di baris ke 5835.

Notice: Function register_uninstall_hook was called incorrectly. Only a static class method or function can be used in an uninstall hook. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 3.1.0.) in wp-includes/functions.php on line 5835

Setelah saya cek disini, saya tidak mendapatkan petunjuk apa apa, karena baris codenya bukan dari pluginnya. Tapi ini baris code defaultnya wordpress.

Jadi saya coba cari solusinya di google.

Dari diskusi – diskusi yang ada, sepertinya tidak ada yang benar benar tau, penyebab dan solusinya apa. Malah banyak cara cara yang sifatnya bypass. Ngasih code agar errornya ga muncul aja, tapi tidak benar-benar menyelesaikan masalahnya.

Penyebab

Tapi kalau ngeliat pesan errornya, sepertinya ini masalah plugin, yang tidak sempurna saat proses register (install) ataupun saat proses uninstall. Akhirnya saya coba cek satu persatu pluginnya. Dengan cara, men-non aktifkan, satu persatu plugin, lalu refresh halamannya, memastikan apakah errornya masih muncul apa tidak.

Akhirnya, tibalah di satu plugin bernama “HC Custom WP-Admin URL

Mungkin tiap kasus, akan berbeda beda, tidak mesti harus di plugin ini aja. karena kebetulan mungkin saat proses installasi ataupun uninstall, prosesnya tidak selesai dengan sempurna, sehingga error itu muncul.

Mungkin aja, client saya ini ada nginstall plugin ini, atau sempat menguninstall, saya nggak tau. Tapi intinya, penyebab errornya ada di plugin ini.

Sekali lagi, mungkin di kasus kamu bukan plugin ini penyebabnya. Tapi cara ngeceknya sama, seperti yang saya jelaskan di atas.

Solusi

Setelah kamu tau plugin mana yang bermasalah, sekarang coba Uninstall dan Install ulang plugin tersebut. atau kalau tetap tidak bisa, gunakan plugin lain yang fungsinya sejenis.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Putu Adi.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments