Kasus Nyata : Pengalaman Mendapatkan Komisi Dari Shopee Affiliate

Di bulan Januari 2023, Saya iseng daftarin akun shopee saya, ke program shopee affiliate. Cara daftar shopee affiliate itu gampang banget. Tinggal masuk kesini : https://affiliate.shopee.co.id lalu klik tombol Gabung Sekarang. Lalu tinggal ikuti aja instruksinya. Gampang banget kok. Seperti daftar akun pada umumnya.

cuman waktu itu belum benar-benar saya seriusin. Nah akhirnya sekitar 2 Bulan lalu, saya baru mulai coba eksperimen, itupun karena salah satu bisnis online saya ini lagi upgrade website baru (tampilan website yang baru).

Di website yang terbaru ini, saya coba terapkan strategi konten marketing, dimana di tiap artikelnya, saya sisipkan link untuk membeli produk, yang kebetulan topiknya sedang saya bahas di artikel tersebut. Misalnya, di satu artikel saya lagi ngebahas daun teh hijau, disana saya tawarkan rekomendasi produk teh hijau.

Berapa omsetnya?

Di bulan pertama nyoba, zoonk! cuman dapet berapa gitu lupa, intinya kecil banget. Tapi ternyata di Bulan kedua, dari tanggal 1 Juli 2023 sampai hari ini tanggal 28 Juli 2023 (28 hari), omsetnya Rp 2.549.783 dan dibawah ini, tampilan dashboard shopee affiliate saya.

Ya tentunya Rp 2.549.783 ini, cuman omset ya, nilai transaksi penjualan yang terjadi berkat link yang saya pasang di artikel, jadi bukan nilai komisinya.

Berapa komisinya?

Komisi shopee affiliate itu, di hitung per produk yang terjual. Dan nilai komisinya, berbeda-beda tiap produk, beda kategori, beda besaran komisinya. Tapi rata-rata, persentase komisi per produk, mulai dari 5% – sampai maksimal 10%.

Nah kalau dilihat dari dashboard shopee affiliate saya diatas, disana terlihat bahwa per bulan Juli 2023 (dari tanggal 1 – 28) yang ngeklik link shopee affiliate saya, total 46x klik, dari sana terjadi 18 pesanan, dengan total belanja Rp 2.549.783

Nah lalu, berapa gaji shopee affiliate saya?

Komisi yang saya dapatkan dari bulan pertama hingga bulan ini, adalah Rp 44.628

Pasti ada yang mikir, Ihhh kecil banget yak?

ehhh… jangan dibandingin dengan margin keuntungan kalau lagi dagang! Karena affiliate dan dagang itu sangat berbeda. Affiliate itu nggak perlu mikirin modal usaha, nggak perlu stok produk, nggak perlu packing-packing, nggak perlu bayar karyawan, dll. Resikonya hampir nggak ada! Biaya juga hampir nggak ada. Karena disini kita nggak jualan barang, tapi merekomendasikan barang. Sebagai ucapan terima kasih, kita dikasih komisi.

Bagaimana Potensinya?

Coba perhatikan, 46x klik, dapet total 18 pesanan, dan dari sana dapet total komisi Rp44.628. Menurut kalian sepadan nggak? (karena tiap orang akan beda-beda jawabannya). Kalau menurut saya pribadi sih sepadan.

Karena saya selalu berfikir faktor kali. Prinsipnya gini, walaupun keuntungan per 1 item sedikit, tapi kalau bisa di kali banyak, maka untungnya akan menjadi banyak.

Apalagi ini baru coba-coba kan?, belum bener-bener saya lakukan dengan serius loh. Bagaimana kalau dilakukan dengan serius ya?

Kalau dipikirin banget strateginya, harusnya sih bisa dapet klik lebih dari 46x deh, apalagi produknya bagus banget, harusnya 100 – 500 pesanan itu, bisa banget dicapai sih. Lah ini baru 18 pesanan loh dapet Rp44.628.

Kalau menurut saya sih ini sangat potensial. Tinggal sekarang mikirin bagaimana cara menciptakan faktor kali, atau daya ungkit yang lebih besar. Bagaimana cara agar, link shopee affiliate kita di klik banyak orang.

Itu dulu sih yang bisa saya sharing hari ini, tentang pengalaman mencoba program shopee affiliate di Tahun 2023.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Putu Adi.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments