Cara meningkatkan konsentrasi dan motivasi belajar, sehingga mampu memahami sesuatu lebih dalam

Kamu pernah nggak sih? kesulitan belajar dan memahami sesuatu? baik itu lewat membaca, ataupun mendengarkan penjelasan seseorang. Padahal, sudah nyimak sampai habis, tapi setelah beberapa jam kemudian, langsung lupa. Nggak ada yang nempel di otak. Jangankan paham, ingat aja engga. Disatu sisi, kamu dituntut untuk harus menguasai hal yang sedang kamu pelajari tersebut.

Lalu gimana cara mempelajari sesuatu, agar tidak hanya sekedar hafal, tapi juga kita mampu memahaminya dengan mendalam?

Kita bisa gunakan teknik belajar ala Feynman, yaitu Learning by Teaching. (Belajar dengan cara mengajar).


Quotes : 

If you want to understand something well, explain it!

Jika kamu ingin memahami suatu hal dengan baik, maka cobalah untuk menjelaskannya.

Richard Feynman

Sebelum memulainya, hal yang paling penting kamu lakukan adalah, miliki mindset bahwa, topik yang sedang kamu pelajari ini, nantinya akan kamu jelaskan kembali ke orang lain.

Belajar itu jangan asal menghafal, tapi berusahalah memahami konteksnya.

Secara persepsi umum, orang yang berdiri di depan dan menjelaskan sesuatu ke orang lain (seperti guru ke murid, dosen ke mahasiswa, CEO ke karyawan, dll), maka persepsi secara umum, orang yang sedang menjelaskan itu punya pemahaman lebih dalam terkait topik tersebut, dibandingkan orang yang sedang dijelaskan.

Berdasarkan itu, belajar menggunakan metode Feynman ini, bikin kita jadi berupaya lebih, untuk memahami hal tersebut secara mendalam, sebelum kita menjelaskan ke orang lain.

Karena pasti harapannya, setelah kita jelaskan, orang lain akan mudah memahaminya, dan jika ada pertanyaan pun dari mereka, kita sebagai pembicara mampu menjawabnya dengan baik.

Belajar sesuatu dengan beban seperti itu, memaksa kita mempelajari sebuah topik secara mendalam, hingga ke akar-akarnya. Belajarpun jadi punya motivasi, dan akan jauh lebih fokus.

Step by stepnya : 

  • Tentukan topik yang sedang ingin kamu pelajari
  • Pelajari dari beberapa sumber
  • Buat catatan belajarmu
  • Dari catatan itu, cobalah buat rangkumannya, lalu coba jelaskan di depan kaca, seakan-akan kamu sedang mengajar muridmu. Atau kamu bisa ambil smartphonemu, rekam kamu sedang bicara, done.

Dari sana kita akan tahu, bagian-bagian mana yang mampu kita jelaskan dengan lancar, dan bagian-bagian mana yang masih sulit kamu jelaskan,, Lakukan improvement, belajar ulang hal yang belum kamu pahami tadi, catat, lalu coba ajarkan lagi. Sampai kamu benar – benar bisa menjelaskan seluruh rangkuman belajarmu itu dengan fasih.

Belajar hanya dengan membaca dan menyimak, kita akan menjadi cukup paham.

Belajar sambil mencatat, kita akan jadi lebih ingat.

Belajar sambil menulis dan berupaya menjelaskannya ke orang lain, kita akan ingat dan paham lebih dalam.

Metode Ini cocok banget diterapkan, oleh orang orang yang ingin menjadi ahli di bidang tertentu.

Apapun bidang yang ingin kamu dalami, coba gunakan metode ini untuk belajar. Karena dapat membantumu termotivasi dan fokus selama belajar.

Jika kamu konsisten belajar dengan metode ini, maka kamu akan menjadi seorang expert di bidang yang sedang kamu dalami tersebut, relatif lebih cepat.

Intinya mempelajari satu hal yang dalam, dalam kurun waktu tertentu, sampai akhirnya menjadi seorang expert disana.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments