Solusi gagal verifikasi google search console

gagal verifikasi google search console

Gagal verifikasi google search console (khusus pengguna SSL daricloudflare), terjadi karena salah memasang skrip verifikasi. Harusnya DNS yang kita setting adalah DNS dicloudflare bukan di Cpannel.

Saat ini Google mengubah mekanisme cara pendaftaran untuk akun baru di Google Search Console. Padahal pada versi sebelumnya, untuk mendaftarkan website baru di Google Search Console, kita cukup melakukannya dengan cara mengupload file html verifikasi (yang sudah disiapkan oleh google) ke root directory website kita, jika sudah tinggal klik tombol verifikasi, maka proses selesai. dan kita bisa langsung masuk ke Google Search Console.

Sedangkan sekarang, google menggunakan mekanisme verifikasi kepemilikan domain melalui data DNS. Sebetulnya cara ini lebih simpel, tapi karena belum terbiasa jadi terkesan sedikit ribet. Terutama bagi kamu yang menggunakan SSL dari cloudflare.

Oke akan saya ceritakan dulu, kronologi Gagal verifikasi google search console yang baru saja saya alami.

Pertama tama untuk mendaftarkan website baru, seperti biasa kita mengakses : https://search.google.com/search-console Lalu tambah property baru.

lalu muncul dialog seperti ini. Disini kita inputkan domain website baru kita. Lalu klik tombol TERUS.

Akan muncul dialog yang berisi code verifikasi. dimana umumnya kode inilah yang akan kita copy ke DNS Zone pada CPannel website kita.

Klik tombol SALIN.

Begitu sampai di DNS Zone Editor, kita tambahkan record baru, kemudian engisi field sesuai instruksi. Nah disinilah letak kesalahannya. Harusnya kita tidak mengisi kode verifikasinya disini.

Saat ditambahkan, memang konfirmasinya berhasil. Tapi saat kita akses kembali Google Search Console, lalu lakukan verifikasi. Maka akan muncul error seperti ini.

Error ini disebabkan karena DNS yang di akses oleh Google Search Console bukan DNS yang ada di Cpannel kita, tapi DNS yang ada dicloudflare.

Untuk membuktikannya, coba login ke akuncloudflare. Lalu masuk ke menu DNS.

Lalu, isi lengkap semua field sesuai instruksi.

Lalu klik tombol Save.

Oke, sekarang kembali ke Google Search Console. Lalu lakukan verifikasi ulang. maka nanti verifikasinya akan berhasil.

Moga moga tips ini bermanfaat.

 

Salam

Putu Adi.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments