Solusi Website Error : “Your Connection is Not Secure” di Chrome

Kronologi

Saya ijin cerita dulu kronologinya seperti apa. Jadi sejak 2017, saya menggunakan layanan domain dan hosting dari Hostinger. Semenjak pindah ke Hostinger saya sangat jarang menemukan masalah-masalah teknis, bener-bener sangat sangat jarang. Kalaupun terjadi, pasti karena adanya maintenance pada server, itupun ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Nah kali ini tumben banget, saya nemukan masalah, adanya error pada SSL dengan pesan “Your Connection is Not Secure”.

Nah kebetulan saya lagi ngerjain project, bikin sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di perusahaan produsen kue dan roti. Jadi sistem ini nantinya mengelola database perusahaan mulai dari modul produksi, penjualan, akuntansi, asset, HR atau karyawan, dll.

Masalah

Tiap kali bikin sistem seperti ini, saya selalu “tumpangin” sistemnya di sub domain website perusahan tersebut. Kalau domain utamanya sih SSL nya bekerja normal, tidak ada error seperti ini. Erorr ini cuman muncul di subdomainnya aja.

Saat “Not Secure” di klik, maka akan muncul detil seperti ini.

Solusi

Saya sudah coba googling sana sini, solusi-solusinya itu sangat beragam. Dan sejujurnya agak susah di ikutin. Tapi tadi saya iseng googling lagi, dan nemu tutorial “Cara Mengatasi Your Connection is Not Secure di Chrome” oleh website resmi dari Hostinger.

Ternyata untuk pelanggan Hostinger, solusinya itu gampang banget. Cukup uninstall dan install ulang SLLnya.

Caranya gini.

1. Login ke Hpanel Hostinger kamu https://hpanel.hostinger.com

2. Pada menu “Website”, pilih website yang SSLnya sedang bermasalah

3. Pilih menu “Keamanan” lalu pilih “SSL”

4. Uninstall domain/subdomain yang bermasalah, dengan klik titik tiga di sudut kanan. pilih “Uninstall”.

5. Install ulang domain/subdomain yang sudah di hapus tadi, dengan cara mengetikan nama domain/subdomain di atas, lalu klik tombol Install SSL

Tunggu beberapa saat, maka nanti saat kamu akses kembali domain/subdomainnya, error SSL “Not Secure” atau “Your Connection is Not Secure” bakalan hilang.

Salam Berkarya!
Putu Adi.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments