Port/Jack Audio MacBook, Nggak Bisa Di Colok, Masuk Cuman Setengah

Kronologi

Hari ini, saya kerja agak kurang nyaman, karena port/jack audio MacBook saya, nggak bisa di colok, lebih tepatnya masuk cuman setengah. Jadinya nggak bisa dengerin playback audio dari aplikasi text to speech.

Jadi gini, salah satu rutinitas saya sehari-hari, adalah menulis artikel untuk beberapa website saya. Beberapa bulan terakhir, sehari saya nulis sekitar 10 artikel.

Nah biasanya, saat nulis, setelah selesai satu paragraf, saya suka baca berulang-ulang dulu, untuk memastikan tidak ada kata atau kalimat yang aneh atau sulit dibaca.

Nah kalau dulu, bener-bener baca manual, tapi setahun belakangan ini, saya pakai ekstensi chrome “Read Aloud: text to speech”. Cara pakainya, tinggal block aja textnya, lalu tinggal play, nanti text yang kita block bakal di bacain otomatis sama suara google text to speech.

Nah kemarin, kebetulan saya liburan selama dua hari, laptopnya sih saya bawa, tapi emang nggak di buka sama sekali. Tiap keluar rumah, saya selalu masukin macbook saya ke softcasenya, pemakaian sehari-hari juga benar-benar saya pastikan bersih.

Masalah

Nah, pas pulang dan sampai dirumah, saya langsung buka laptop dong, seperti biasa saya langsung colok jack audio headset, ehhhhh tapi kok nggak masuk-masuk (masuk cuman setengah). Lalu saya cobain colok jack audio earphone, lahhh kok sama! nggak mau masuk full. Kayak ada yang menghambat di dalam port audionya.

Lalu saya perhatikan dari dekat, lubang port audionya, loooohhh kok ada putih-putih di dalamnya. Saya tidak tau ini apa, tapi saya putuskan untuk googling dulu, siapa tau benda berwarna putih itu memang bagian dari port audio macbook.

Setelah googling, Info yang saya dapat, port audio macbook pro itu, di dalamnya memang ada lampu indikator, jika ada error, lampu itu nyala merah.

Walaupun macbook saya lampu indikatornya nggak nyala, tapi kan dari sini kita jadi tau kalau di dalam port audio macbok ada lampu indikator.

Nah sekarang saya jadi ragu. Apakah benda warna putih ini kotoran (benda asing dari luar)? atau ini memang lampu indikatornya? yang memang benda putih ini memang harusnya ada disana.

Salah congkel kan bahaya! ia nggak? masalahnya cuman nggak bisa nyolok jack audio (masalah kecil), nanti malah bikin laptop saya mati total gimana?

Saya googling kemana mana, tetep aja nggak nemuin informasi apa-apa soal benda putih di dalam port audio saya ini.

Intinya saya googling beberapa kata kunci untuk cari tau, bagaimana sih penampakan bagian dalam port audio macbook itu? untuk membandingkan dengan punya saya, apakah memang benda putih ini ada atau tidak?

Tapi nyatanya nggak ketemu-ketemu. Bahkan informasi di forum atau blog pun sepertinya nggak ada yang bahas. Karena hasil pencarian yang saya dapet, tentang kasus-kasus lain, bukan info yang sedang saya cari ini.

Solusi

Akhirnya saya pikir, bagaimana kalau minta bantuan temen untuk fotoin port audio macbook nya (kebetulan beberapa temen saya pakai macbook juga) tapi begitu contact temen saya di facebook, ehhhh malah ada postingan dari group facebook Macbook User Indonesia. Ya walaupun yang lewat topiknya beda, tapi saya jadi kepikiran pengen minta tolong ke orang-orang di group ini.

Yaudah, akhirnya saya minta bantuan ke orang-orang disana.

Setelah posting, saya tinggal beraktifitas, pas saya buka facebook, wihhh udah banyak yang komen. Makasih banget deh pokoknya, terutama yang mau berbaik hati, ngasih penjelasan + upload foto penampakan port audio macbooknya.

Mungkin setelah blog ini diposting, masih banyak tuh yang komen. Tapi ini beberapa foto dari temen-temen yang udah bantuin foto.

Penanganan

Nah dari komentarnya, terutama yang menyertakan foto, saya jadi yakin kalau benda berwarna putih di dalam port audio macbook saya ini adalah benda asing. Bisa diperhatikan foto-foto yang masuk, disana tidak ada benda putih seperti di macbook saya.

Dan banyak yang ngasih tips cara ngeluarinnya juga, ada yang nyaranin pakai jarum pentul, ada yang pakai tusuk gigi, pakai peniti, dll. Berikut beberapa komennya.

Oke dari komen-komen yang masuk, terutama yang ngasih tips cara ngeluarin benda asingnya, saya putuskan untuk pakai cara di “cungkil” dengan tusuk gigi, kenapa? karena tusuk gigi lebih aman, karena terbuat dari kayu, dibandingkan kalau pakai jarum, rasanya kurang aman aja, takut memicu konsleting.

Saya ambil satu batang tusuk gigi, terus dimasukin pelan ke lubang port audionya, saya cungkil-cungkil, akhirnya keluar deh itu benda asingnya. Ternyata nggak begitu sulit.

Apa benda asingnya? ternyata itu beras. Kenapa bisa ada beras disana? beras ini asalnya dari “bija”, beras yang digunakan media sembahyang untuk umat Hindu, kayak penampakan di bawah ini.

Mungkin aja waktu pulang dari sembahyang, terus bijanya jatuh di meja laptop, entah gimana caranya akhirnya masuk ke dalam port audio macbook saya.

Oke, masalah selesai, sekarang saya bisa kerja, sambil nyolok headset, seperti biasanya.

Salam Berkarya!
Putu Adi.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments