Solusi ampuh jari tangan yang lengket di trackpad laptop (Unboxing & Review Finger Sleeve)

Jari lengket di Trackpad karena keringat, membuat rasa tidak nyaman saat kerja di laptop

Oke, tanpa basa basi, saya langsung kasih tau aja “Cara ampuh” untuk mengatasi jari yang suka lengket di trackpad laptop karena keringat. Solusinya adalah Finger Sleeve!

Apa itu Finger Sleeve?

Seperti yang kita tau, Finger Sleeve ini merupakan kaos kaki kaos jari, atau selongsong untuk jari terbuat dari kain yang lembut dan elastis (seperti bahan kaos kaki), yang digunakan oleh pemain game mobile (HP) agar jari-jari mereka dapat menggesek layar HP dengan licin anti lengket.

Main game PUBG menggunakan Finger Sleeve

Sebelum adanyaFinger Sleeve, para gamers ini biasanya menggunakan bedak, dengan cara menaburkan sedikit bedak ke layar HP ataupun ke jari mereka, sehingga saat jari menyentuh permukaan layar HP, jari terasa licin dan nyaman digunakan bermain game. Dan semenjak kemunculanFinger Sleeve, alat ini bener – bener membantu banget. Sehingga tidak perlu lagi pakai bedak yang sebenarnya bikin HP kita jadi kotor.

Awal mula masalah

Dari kecil, telapak dan jari tangan saya ini memang mudah banget berkeringat. Dulunya saya kira itu normal, ternyata engga. Tapi walaupun saya tau itu engga normal, saya biarin aja karena awalnya memang engga begitu mengganggu. Tapi makin kesini, semenjak mulai bekerja menggunakan laptop, masalah ini baru kelihatan dan ini bener-bener mengganggu produktifitas saya bekerja, khususnya saat bekerja menggunakan laptop.

Jari tangan saya mudah basah karena berkeringat

Kalau untuk bekerja di kantor sih ga masalah, karena walaupun saya pakai laptop, dari dulu tuh saya selalu belikan mouse dan keyboard eksternal. dan monitor LED eksternal juga. Agar kerja lebih leluasa. Jadi trackpad bener-bener engga pernah saya pakai.

Tapi akhir-akhir ini saya sering ada keperluan presentasi dengan calon client diluar kantor, kadang juga iseng-iseng kerja di coffeeshop, sehingga masalah jari lengket di trackpad ini baru keliatan, dan menurut saya bawa-bawa mouse kemana-mana itu rada-rada ribet.

Mungkin kalian bilang “Lap aja pakai tisu bro tangannya biar ga basah…. terus, cuci aja tangannya bro pakai sabun…. fullin ACnya bro biar suhu ruangan dingin, jadinya tangannya ga keringetan…”

Sudahhh bro… udah dilakukan, tapi tetep aja, tangan bakal berkeringat lagi setelah beberapa saat.

Terus mungkin ada yg bilang, “sering – sering olahraga lah bro, itu tanda-tanda kalau lagi ada yang engga beres di tubuh lo… Ya! ini baru bener 🤘😅 , saya memang ga pernah olahraga dan memang ada yang lagi ga beres di tubuh saya!”. Tapi yang lagi saya butuhin ini solusi jangka pendek. soalnya kebutuhannya mendesak.

Kenapa tidak Trackpad Protektor aja?

Awalnya saya pikir trackpad protector adalah solusinya. Waktu itu udah nyari-nyari di marketplace, cuman binguuuuuung banget karena terlalu banyak pilihan itemnya dan harganyapun sangat beragam.

Jari tangan lengket di trackpad laptop

Akhirnya saya coba tanyain ke beberapa komunitas pengguna macbook di facebook. Awalnya saya nanya “Trackpad protector” apa yang bagus? sambil saya ceritakan alasan saya ingin membelinya (karena jari saya yang mudah berkeringat itu). Dan engga lama setelah itu, mulai ada komentar satu persatu.

Dari sekian banyak komentar yang masuk, ternyata cukup banyak yang mengalami kendala yang sama (jari berkeringat ini).

Dan menurut pengalaman mereka, Trackpad Protector itu engga recomended untuk nyelesaiin masalah seperti ini.

Karena menurut mereka, justru Trackpad Protector ini bikin jari terasa engga nyaman di permukaan trackpad. Jadi malah bikin lebih lengket, dan bikin akurasi trackpad nya jadi terganggu.

Nah akhirnya dari sekian banyak komentar yang masuk, saya bisa simpulkan kalau “finger sleeve” adalah opsi yang paling banyak di rekomendasikan.

Kalau di pikir-pikir, masuk akal juga, karena dulu saya pernah pakai finger sleeve untuk main game pubg. dan antara layar HP dan permukaan trackpad harusnya engga jauh beda.

Akhirnya pilih Finger Sleeve aja

Tapi, pertanyaan berikutnya, finger sleeve seperti apa yang bagus? Karena ini tidak kalah membingungkan juga, di marketplace pilihannya sangat beragam, dari merk, matial yang digunakan, dan range harganya yang sangat beragam. Jadi binguuuung.

Apakah yang mahal selalu lebih bagus? ternyata tidak, saya nemu video review tentang finger sleeve di youtube, ternyata yang mahal justru akurasinya kurang dibandingkan yang harganya jauh lebih murah.

Salah satu produk finger sleeve di tokopedia

Tapi itu review finger sleeve untuk di layar HP ya, bukan di trackpad. Tapi saya pikir, di layar HP aja ga akurat apalagi di trackpad. Daripada ngabisin waktu banyak untuk bingung, mending mulai beli dari yang paling murah aja dulu.

Dimana saya beliFinger Sleeve?

Ini bukan endose ya! ini murni karena ingin sharing. Saya beliFinger Sleevenya di tokopedia, nama sellernya YOUNGPRO INDONESIA berikut link pembeliannya : SARUNG JEMPOL JARI GAME ANTI BASAH KERINGAT UNTUK LAYAR HP YOUNGPRO

Invoice pembelian produk finger sleeve di tokopedia

1 Packnya isi 2pcs, harga aslinya Rp8.000, karena dapet diskon 64%, jadinya 1 pack cuman Rp2.900. Gila murah banget kan? mumpung masih ada saldo di akun tokopedia saya, saya coba beli 6 Pack dulu, untuk nyobain dulu, kalau cocok nanti order lagi.

Seller responsif, begitu pesan, langsung di proses. Pengiriman dari Jakarta ke Bali sekitar 3 hari.

UnboxingFinger Sleeve

Nah berikut penampakan paketnya. Memang tidak perlu di packing khusus, karena jenis barang seperti ini engga bakal rusak brutalnya proses pengiriman paket.

Penampakan packingan paket finger sleeve

Dari kemasannya, produk finger sleeve ini kelihatan kayak barang mahal gitu, engga masuk akal kalau harganya cuman Rp2.900.

Unboxing produk finger sleeve murah berkualitas

Material mirip seperti material kaus kaki, jadi terbuat dari benang kain, breathable jadi engga bikin jari tangan panas dan keringetan, karena finger sleeve yang saya beli sebelumnya itu bikin tangan panas dan keringetan, karena materialnya campuran antara benang kain dan karetnya. Itu kenapa saat 1 mingguan saya disimpan engga di pakek, finger sleeve tersebut menciut dan jadi mencair lengket gitu. seperti karet yang kena panas. padahal engga diruangan yang panas loh.

Material finger sleeve ini sangat nyaman di jari

Bagaimana setelah 1 minggu pemakaian?

Berikut adalah hal yang menjadi catatan saya setelah 1 minggu pemakaian Finger Sleeve untuk laptop.

Kualitas material : Walaupun harganya murah banget, kualitas materialnya sangat bagus, hari ini sudah 1 minggu pemakaian. Finger Sleeve nya masih awet, tanpa kerusakan sedikitpun, padahal saya pakai hampir setiap hari. Engga melar juga. Cuman kalau bisa pakai Finger Sleeve ini jangan kebalik, soalnya kalau kebalik, ada bagian yang agak tajem, kuatirnya kalau ini terus menerus bergesekan dengan trackpad, nanti lapisan trackpadnya jadi lecet atau semacamnya. Jadi selama ini saya harus pastikan dulu pakainya engga terbalik. Dan semuanya smooth banget, enak banget bahannya engga bikin jari panas.

Kualitas material finger sleeve nyaman di jari tangan

 

Akurasi : Akurasinya sekitar 98%, kalau geser-geser mouse pointernya sama sekali engga masalah 100% smooth. Cuman terjadi sesekali engga respon saat event klik/tap. Tapi kejadian ini jarang banget terjadi.

Akurasi finger sleeve ini sangat baik sekitar 98%

 

Hal yang mengganggu : Khususnya pengguna laptop yang ada finger print untuk login. Saat menggunakan finger sleeve, kamu tidak bisa pakai fitur finger printnya. Jadi harus login manual ngetik di keyboard. Karena sidik jari kamu tidak bisa terdeteksi oleh sensor finger print saat jari terbungkus finger sleeve.

Sidik jari tidak terdeteksi oleh sensor finger print laptop

Oke, itu tadi sedikit cerita tentang jari tangan saya yang mudah berkeringat, sehingga menimbulkan masalah lengket di trackpad, akhirnya saya solusikan dengan penggunaan finger sleeve, dan sekarang berkat finger sleeve, masalah bisa teratasi, dan saya nyaman banget kerja di laptop pakai trackpad.

Moga moga apa yang saya sharing ada manfaatnya.

Salam

Putu Adi.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments