Solusi Subdomain tidak bisa di akses, diarahkan ke halaman mercusuar

Semenjak saya pindah ke Macbook, sebagai laptop utama, saya jadi sering bolak balik nyolokin flashdisk ataupun hardisk eksternal, untuk mengambil file – file lama yang lagi saya butuhin.

Mungkin ada yang bilang. Kenapa ngga pindahin FD/HD eksternal aja semua file di laptop lama bro? kan tinggal colok, nggak perlu copy copy lagi?

Atau, kenapa ngga pindahin ke Google Drive aja file – file yang kiranya sering diambil bro?

Ini kasusnya berbeda, file yang saya butuhin bukan files seperti dokumen, foto, dll.

Setelah saya pikir-pikir, bakal lebih praktis jika saya pindahkan semua files tersebut, ke hosting saja, agar bisa langsung dihubungkan lewat url.

Singkat cerita, saya buat subdomain di website saya, files.putuadi.id tapi setelah saya akses, kok subdomainnya tidak bisa di akses, malah mengarah ke halaman mercusuar.

Saya baru ingat, kalau untuk domain ini, DNSnya pakai cloudflare.

Karena kalau pakai DNS default dari hostingnya, begitu menambahkan subdomain, langsung bisa di akses, kalau pakai cloudflare, kita harus daftarin dulu subdomainnya di cloudflare.

Nah kalau kamu juga mengalami hal yang sama, berikut langkah – langkahnya.

1. Cara Buat subdomain

Login ke Cpanel hosting kamu. → Cari subdomain.

Ketikan Subdomain

Pilih Subdomain

Ketikan nama subdomain yang ingin kamu buat. Lalu, klik Buat.

Subdomain sudah selesai dibuat, seperti yang terlihat, ada satu folder bernama “Files” (sesuai nama subdomain) telat dibuat di dalam folder hosting kita. Yang nantinya folder tersebut menjadi tempat file – file website kita disimpan.

Untuk mengaksesnya kamu bisa ke file manager, atau akses lewat Filezilla.

Terlihat disana sudah ada muncul folder baru, bernama “files”.

Nah tapi, setelah subdomain selesai dibuat, urlnya tidak bisa di akses.

Mengarah ke halaman mercusuar.

Itu disebabkan karena kita belum mendaftarkan subdomain kita di cloudflare. Tapi kalau kamu menggunakan DNS asli dari hostingnya, setelah subdomain dibuat, urlnya bisa langsung di akses. Karena dalam kasus ini, saya menggunakan cloudflare di domain utama saya (putuadi.id) maka saat menambahkan subdomain baru, kita harus daftarkan juga di cloudflare.

Berikut langkah-langkahnya.

2. Mendaftarkan subdomain di cloudflare

Login ke cloudflare.com

Pada tab Websites, pilih nama domain utama kamu. dalam kasus ini saya pilih putuadi.di

Untuk Type, pilih A. Nama isikan nama subdomain, tanpa domain induk. lalu di bagian IPv4 address, isikan alamat IP domain hosting kamu, bisa kamu dapatkan di halaman Cpanel. Setelah terisi semua, klik tombol Save.

Biarkan bebrapa menit, untuk menunggu proses verifikasi oleh cloudflare.

Setelah itu. Subdomain sudah bisa diakses. Untuk membuktikannya saya coba buatin halaman index di folder hosting saya. Tepatnya di dalam folder “files” tadi, yang di generate otomatis saat membuat subdomain.

Saya buat file baru bernama index.php, kemudian saya isikan text sederhana. sehingga saat url subdomain di akses, akan muncul text tersebut.

Setelah itu di simpan, lalu akses url subdomainnya.

Nah sekarang, subdomainya sudah bisa di akses. tinggal sekarang dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Mau dibuat halaman website baru boleh, atau hanya untuk menyimpan files saja juga boleh. Bebas, sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments