Unboxing & Review Robot HT100 : USB Type-C to HMDI, Untuk Macbook Pro M1

Foto : Robot HT100 : USB Type-C to HMDI – Tokopedia

Pakai satu layar, bikin kerja jadi sangat terbatas

Jauh sebelum pakai macbook pro, dari dulu saya memang sudah terbiasa, kerja pakai dua layar monitor. Baik pakai PC ataupun laptop windows saya. Kebiasaan ini sudah dari Tahun 2009 lalu. Di kantor, maupun dirumah, saya selalu pakai dua layar monitor. Apalagi layarnya seukuran 24 inch misalnya, jadi nyaman banget kerja berlama lama.

Menurut saya, bekerja dengan satu layar monitor, itu sangat – sangat terbatas. Bekerja serasa kurang leluasa aja gitu. Apalagi kalau pakai laptop, layarnya berasa kecil banget. Jadi nggak bisa kuat lama lama depan laptop.

Setelah pindah ke Macbook, malah terbiasa pakai satu layar

Nah semenjak pindah ke macbook, dari Bulan November 2021 kemarin. Saya dengan terpaksa harus bekerja tanpa layar eksternal. Karena port macbook kan cuman berisi dua USB Type C aja. Sedangkan layar external saya inputnya HMDI.

Setelah beberapa hari pindah ke macbook, saya sempat beli USB Hub, merk Robot HT390, itu total berisi 9 port. Waktu itu saya beli dengan harga Rp373.000 di tokopedia.

Tapi begitu barang sampai, setelah saya coba, ternyata alatnya tidak berfungsi dengan baik. Dimana colokan USB Type C nya, tidak ngeklik saat di colokin ke laptop. Sehingga saat kesenggol dikit aja, alatnya disconnect.

Akhirnya saya konfirmasi ke official store nya, menurut mereka itu cacat produk, kemudian barangnya saya kembalikan, dan dana saya di refund.

Naaaaahhh jangan suudzon dulu, baca sampai habis, nanti saya akan jelaskan ternyata bukan salah produknya, tapi salah saya. Silahkan baca sampai habis.

Semenjak itu, saya kayak kurang percaya lagi dengan produk pihak ketiga (bukan original apple). Karena waktu itu, selain masalah colokan USB C nya yang longgar, alat ini juga panas banget setelah di colok beberapa menit ke macbook. Dan bikin baterai macbook saya cepet banget habis.

Saya juga tanya-tanya ke orang-orang di youtube, yang kebetulan ngereview Robot HT390 Multiport 9 in 1 juga, dan kata mereka memang panas.

Disatu sisi, kalau beli Port USB C adapter asli Apple, harganya Rp 1.350.000 😅 Itu cuman berisi 3 port aja. USB 3, USB C, sama HMDI.

Dan setelah saya tanya – tanya ke orang yang pakai adapter asli apple ini, ternyata setelah di colokin beberapa jam, adapternya ternyata panas juga loh. Ya walaupun katanya panas yang wajar gitu sih.

Karena kalau saya pakai laptop windows ataupun PC, belum pernah yang namanya nyolokin device dan panas. Mindset saya bilang, kalau alat di colokin dan itu panas banget, artinya itu nggak normal. Di Benak saya seperti itu.

Kalau flashdisk emang kadang aja panas, kalau lagi di pakai ngirim file, tapi kalau kabel HMDI yang nantinya kita colok berjam-jam berhari hari, dan kalau itu panas. Wah menurut saya kurang nyaman aja sih. Apalagi menguras baterai, wah jadi kepikiran pasti.

Akhirnya, karena hal itu, sampai 1 hari sebelum saya menulis blog ini, saya tidak pakai monitor eksternal untuk macbook saya. Dan sudah terbiasa bekerja dengan satu layar.

Lalu kenapa sekarang mau pakai monitor eksternal lagi?

Karena butuh. 1 Tahun belakangan, kebetulan hal – hal yang saya kerjakan, merupakan pekerjaan yang tergolong ringan. Jadi semuanya cukup di satu layar 13 inch macbook. Sedangkan sebentar lagi, saya mulai masuk ke Fasa 2 untuk AH Project. 

Tentang AH Project, silahkan simak dokumentasinya disini

Fasa 1, AH Project dicanangkan hanya sebatas website kamus tanaman obat. Sedangkan di Fasa 2, sudah akan mulai dilengkapi dengan fitur toko online. Dimana orang-orang bisa langsung membeli produk yang berkaitan dengan hal yang ia cari di website AH Project.

Saat masuk ke fasa 2 ini, salah satu pekerjaan besarnya adalah riset produk, dan sekaligus mendatanya ke sebuah database. Dan untuk mengerjakan ini, saya butuh banget pakai dua layar. Agar bekerja lebih produktif.

Beli Robot HT100 dimana? Harganya berapa?

Saya beli di Tokopedia, dan karena butuh cepet, saya cari seller yang lokasinya di Denpasar (satu kota dengan saya). Ketemulah toko bernama Gading Bali Shop.

Tokopedia @GadingBaliShop

Toko bintang 5, jadi saya tanpa banyak mikir, udah pasti amanah sellernya. Saya tanya stok, katanya ready, langsung saya checkout, dan menunggu beberapa lama, akhirnya paketnya sampai.

Ohya, untuk harganya Rp147.900 ya

Bagi kamu yang pengen beli “ROBOT HT100 Type-C to HDMI Adapter” bisa klik tombol beli dibawah.

Seperti ini penampakannya saat paketnya datang.

Unboxing Robot HT100 : USB Type-C to HMDI

Begitu paket datang, saya nggak nunggu lama, langsung unboxing. pengen cepet-cepet nyoba, untuk mastiin apakah berfungsi atau engga, takutnya sama nasibnya kayak USB Type C HUB yang saya beli terdahulu.

Setelah pakai, produknya gimana?

Setelah saya unboxing, hal pertama yang saya perhatikan adalah, USB Type C nya. Dimana bentuknya sama kayak USB Hub merk Robot, yang dulu pernah saya beli dan nggak bisa berfungsi, karena saat di colokin, nggak klik. (yang saya ceritakan di atas).

Ehhh bener aja, setelah saya colokin, ternyata emang longgar juga. jadi kayak terulang lagi kasus yang dulu. Tapi saya mikir sejenak, nggak mungkin lah semua USB Type C merk Robot seperti ini. Saya yakin nggak mungkin. Pasti ada yang salah ini.

Terus tiba – tiba kayak ada suara gitu di kepala saya, sumpah nggak bohong. Yang bilang, “colokin yang kuat”. terus saya colokin yang kuat, sambil takut-takut gitu, karena saya kuatir port USB C macbook saya rusak, tapi tetap saya paksakan dan akhirnya bunyi klik.

Wahhhhh… ternyataaaa emang harus di colokin banget, nggak kayak nyolokin kabel charger asli macbook, yang di cokinnya itu tanpa tenaga, udah nyolok dan udah ngunci klik.

Ternyata USB Type C merk Robot ini, harus di colokin pakai tenaga gitu. Barulah bunyi klik dan ngunci.

Akhirnya saya mikir, berarti USB Hub yang saya refund dulu itu bukan rusak, tapi emang nggak saya colokin kuat aja. Wah saya nyesel sih. Ternyata salah nya di saya.

Setelah adapternya berhasil nyolok ke laptop, saya lanjutkan nyolokin kabel HDMI monitor saya ke adapter. Setelah itu saya hidupin monitornya. Jreeeng jreeeng. tampilah layar ungu khas MacOS Ventura.

Ini pertama kalinya macbook saya di colokin ke monitor eksternal. Sasanya gimana gitu.

Setelah beberapa jam pemakaian untuk kerja, dengan aktifitas antar layar 1 ke 2, sangat intens. dan ternyata Robot HT100 ini luamayan terasa panas. Sayangnya termogun saya rusak, jadi saya tidak bisa kasih tau suhu kongkritnya berapa. Tapi hangatnya masih tergolong wajar. Kapan-kapan saya ukur deh pakai termogun.

Nah itu dulu ulasan saya terhadap Robot HT100 USB Type C to HMDI. Moga – moga ada manfaatnya.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments