Cara Mengambil Nomor HP di Group Whatsapp Secara Massal

Latar Belakang

Saya lagi ada project baru, dan layanan yang kami jual disana, adalah hal yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM. Terutama yang menggunakan sosial media, sebagai medium promosinya. Nah kebetulan saya bergabung di banyak group UMKM Lokal maupun Nasional (group whatsapp), yang mana membernya merupakan target market kami, di project ini (Pelaku usaha).

Nah dari sini, salah satu hal yang bisa saya manfaatkan, adalah mengirimkan penawaran ke semua orang yang bergabung di group-group UMKM ini. Karena sudah jelas, isinya para pelaku usaha, dan merupakan target market kami. Sehingga penawaran ini, akan tepat sasaran.

Masalah

a. Group tidak mengijinkan jualan

Rata-rata group UMKM itu, bukan untuk jualan, sehingga kurang etis rasanya kalau kita memposting penawaran di group itu langsung. Sehingga harus cari cara lain. Yang paling memungkinkan sih, kirimin chat ke tiap membernya secara direct. Menggunakan fitur broadcast whatsapp.

b. Fitur broadcast sangat terbatas

Tapi kalau kita menggunakan fitur broadcast whatsapp, ternyata tidak semudah itu. Yang bisa menerima pesan kita, hanya orang yang menyimpan nomor kita. Dan ada batasan jumlah juga. Sehingga rasanya tidak bisa pakai cara ini. Berarti harus di kirim chat satu satu.

c. Menyalin nomor HP satu satu, adalah pekerjaan berat

Kalau pakai fitur broadcast tidak bisa, karena orang yang akan kita kirimkan broadcast harus save nomor kita dulu. Maka cara yang paling mungkin kita pakai adalah, mengirimkan chat satu satu ke tiap nomor yang ada di group. Berarti langkah pertamanya adalah, kita harus salin satu satu nomor HP yang ada di group ya kan? Kalau manual satu satu sih saya nggak mau. 😂 Kerja macam apa tuh kayak gitu! Malu anak IT kerja kayak gitu 😂 Cari cara yang semi-semi otomatis lah.

Solusi

Kalau pakai fitur broadcast kurang efektif, cara yang lebih efektif apa? Ya, sebetulnya banyak cara lain yang lebih efektif. Seperti iklan berbayar, dan pakai layanan broadcast berbayar. Tapi untuk kasus ini, kita belum sejauh itu. Kita cuman pengen memanfaatkan target market (semua member group UMKM) yang sudah ada di depan mata, untuk kita kirimkan penawaran lewat chat Whatsapp.

Lalu kalau nggak mau salin nomor manual satu satu, mau pakai cara apa?

Ya pastinya harus pakai tools whatsapp group contacts downloader. Emang ada cara mengambil nomor whatsapp orang dari group?

Pakai plugin atau kalau di chrome disebutnya chrome extension. Nama chrome extension, “WA – Download Group Phone Numbers”.

Tutorial Cara install “WA – Download Group Phone Numbers”.

Ini hanya berlaku untuk web browser Google Chrome ya, dan khusus untuk versi desktop. Bukan untuk whatsapp versi mobile/ di HP. Jadi pastikan kamu melakukannya di laptop/PC (Mac ataupun Windows). Dan disini saya kebetulan pakai MacOS, jadi jangan bingung, sama aja prosesnya. Yang penting kamu pakai web browser Chrome.

1. Login di whatsapp web

Buka URL : https://web.whatsapp.com

Dan login seperti biasa. Saya nggak perlu jelasin ini, karena saya asumsikan semua orang udah tau ini. Tapi kalau kamu kesulitan, silahkan DM saya. nanti saya bantu pandu.

2. Install extension

Buka Chrome Web Store, dengan cara klik disini https://chrome.google.com/webstore

Ketik WA – Download Group Phone Numbers

Klik tombol, Add to Chrome

Klik tombol “Add extension

Untuk memunculkan tampilan interface ekstensinya (aplikasinya). klik icon yang berwarna hijau (panah hijau) seperti dibawah. Kalau disana tidak muncul, klik icon yang berwarna hitam (panah hitam).

Pengaturan :

a. Choose file format (warna hijau)

Pilih format file, nantinya contact yang kamu export dalam bentuk apa. Kalau saya, pilih Excel. Karena nanti datanya akan saya olah di excel.

b. Export info from group (warna kuning)

Disana pilihan defaultnya “all groups”, artinya, kamu bisa mengexport seluruh contact yang ada di semua group, kemudian seluruh contact itu digabung di satu file excel. Kalau saya pribadi sih, nggak pilih opsi ini, karena saya ingin mengirimkan chat ke orang yang hanya bergabung di group-group UMKM. Sehingga pilihan “all groups” saya hapus, kemudian saya pilih satu satu group mana saja yang contactnya saya perlukan. Dengan cara, klik drop down menunya (yang di tandai kuning), lalu saya pilih nama groupnya satu persatu.

c. Exclude Admins

Exclude lawan kata include, jadi kalau exclude itu artinya abaikan, atau tidak termasuk. Opsi ini maksudnya, apakah kamu akan mengexport juga nomor admin di tiap group? kalau kamu hidupkan atau geser kanan, maka contact admin di tiap group tidak akan di export, tapi kalau kamu matikan, atau di geser kiri, maka nomor admin di tiap group juga akan ikut di export.

Kalau saya pribadi, tentu saya matikan, karena saya juga perlu mengirimkan penawaran ini ke admin tiap group.

Nah sampai disini, kamu sudah bisa langsung export contact, dengan klik tombol Export Now yang ditandai panah warna kuning.

Setelah kamu klik tombolnya, nanti akan langsung terdownload, semua contact di tiap group, di pisahkan di masing-masing file excel.

Nanti kamu bisa buka tiap filenya, didalamnya bakal ada tabel nama, nomor hp, dll. Dan silahkan kamu olah sesuai keperluan.

Sebetulnya, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk memindahkan anggota grup wa ke grup lain, karena saya dulu juga pernah kepikiran, gimana ya cara memindahkan anggota grup wa ke grup lain? ternyata setelah pakai aplikasi ini baru ngeeh, oh ini bisa di pakai nih untuk mengambil nomor hp di grup wa secara massal, lalu di pindahkan ke group baru.

Dulu juga ada temen saya nanya, gimana cara scrape whatsapp group? nah kalau dulu saya udah tau tools ini, pasti saya rekomendasikan juga ke dia.

d. Export info from chatlist

Nah ini tambahan aja, bahwa di aplikasi ini, kamu juga bisa hanya mengexport contact yang pernah terlibat chat dengan kamu. Kamu bisa pilih 2 opsi.

Opsi pertama “Export all contacts info from chatlist” artinya, semua yang pernah chat sama kamu, bisa kamu export contactnya. apakah nomornya tersimpan ataupun tidak.

Opsi kedua “Export Unsaved contacts info from chatlist” artinya, hanya menyimpan chat yang nomornya belum kamu simpan.

Kalau kamu pilh opsi ini, kamu bisa klik tombol Export, yang di tandai panah warna merah.

Nanti di file excelnya, akan ada nama dan nomor HP yang pernah chat dengan kamu.

Nah semoga tutorial ini bermanfaat, tolong gunakan ini dengan bijak, jangan gunakan untuk merugikan orang lain.

Salam,

Putu Adi.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments