Voice Changer by W Okada, For Mac OS. Tutorial Cara Installasi, Isu Error & Cara Penanganannya

Kali ini saya mencoba hal yang cukup berisiko untuk macbook saya, karena ini adalah installasi software tidak resmi, alias software yang bukan berasal dari appstore. Tapi disatu sisi, saya sedang butuh banget software ini, karena sedang dalam project, yang mengharuskan saya menggunakan voice over wanita.

Sedangkan disatu sisi, project ini baru saja saya mulai, sehingga belum menghasilkan uang, artinya saya belum bisa membayar talent wanita untuk membuatkan voice over yang saya butuhkan. Dan saya juga ragu apakah ada talent wanita yang mau mengisi suara untuk jenis project ini. Karena kebutuhan saya kali ini agak sedikit spesifik.

Maka dari itu saya coba pakai software open source bernama “Voice Changer” yang dibuat oleh W Okada ini, lalu saya coba sendiri terlebih dahulu, nanti saat project ini layak untuk saya lanjutkan, nah barulah di saat itu saya menggunakan layanan dari talet wanita, untuk mengisi voice overnya.

Catatan : Di artikel ini, saya akan menggunakan bahasa Indonesia yang sedikit baku, tujuannya agar pembaca dari luar Indonesia, bisa menggunakan auto translate (google translate) dengan hasil yang lebih baik. Karena saya perhatikan, belum ada artikel dalam bahasa inggris yang membahas cara installasi software “Voice Changer” yang dibuat oleh W Okada ini, di Mac OS. Jadi boleh dibilang, ini akan menjadi dokumentasi atau lebih tepatnya Tutorial Cara Installasi “Voice Changer” yang dibuat oleh W Okada ini, di Mac OS pertama di internet. Karena saya sudah coba cari-cari tapi belum menemukan satupun.

Oke, tanpa berlama-lama, yuk kita mulai.

Koronologi

Sejak 2 hari yang lalu, saya mencari-cari software untuk menghasilkan voice over karakter wanita yang energik, saya sudah coba beragam tools “Text to speech” yang diklaim memiliki output yang natural, tapi sampai sekarang, saya belum nemu karakter yang saya butuhkan. Se-natural-naturalnya, masih terdengar seperti robot di beberapa bagian. Tidak hanya “Text to speech” yang ada embel-embel ai, saya juga sudah coba beragam software voice changers, mulai yang gratisan sampai yang berbayar. Bahkan saya sudah membeli voicemod life time subscription.

Karena waktu saya melakukan test beberapa software voice changer, voicemod adalah software yang menurut saya mendekati sempurna.

Setelah saya test, saya sangat terpukau dengan hasilnya, sehingga saya tidak ragu untuk membeli subscription voicemod versi Pro.

Masalah

Tapi masalahnya, saya melakukan test di komputer kantor saya, yang merupakan Windows PC. Semua berjalan lancar walaupun agak sedikit terjadi glitch. Waktu itu saya pikir ini bukan masalah besar, karena nantiinya software ini akan saya gunakan di Macbook M1 saya. Sehingga masalah glitch harusnya tidak akan terjadi disana (begitu pikir saya). Karena di website resmi voicemod, disana dijelaskan bahwa ada versi MacOS nya.

Dan setelah saya install voicemod di Macbook M1 saya, ternyata masih versi beta, dan aplikasi ini benar-benar tidak bisa digunakan sama sekali. Hanya berupa tampilan utama seperti dibawah ini saja. Tidak bisa menampilkan fungsi-fungsi yang lainnya.

Karena penasaran, saya coba googling lagi, dan saya mendapatkan kesimpulan bahwa, mernyata memang benar software voicemod versi mac belum bisa berfungsi.

Kalau sudah seperti itu, apakah kita hanya bisa pasrah dan menunggu update dari pihak developer voicemod? tentu tidak kan? maka saya harus cari alternatif lain, yang bisa digunakan segera untuk bekerja.

Solusi

Saya melakukan eksplorasi lagi lebih lanjut, hampir putus asa, akhirnya saya menemukan video dari seorang gammer, yang sebenernya tidak terkenal-terkenal banget. Tapi kok tools voice changer nya benar-benar membuat saya terpukau. Karena suaranya bukan lagi karakter wanita biasa, tapi suara karakter anime. Amazing!

Dari sanalah saya tau software “Voice Changer” yang dibuat oleh W Okada ini.

Tapi PC yang digunakan para gammers sudah tentu windows PC kan? tapi setelah saya cari dengan kata kunci “Voice Changer by W Okada“, muncul video yang judulnya ada embel-embel “windows/MacOS”.

Dari sana saya tau, “Oh berarti ini bisa di install di Mac juga”

Akhirnya saya langsung ke sumbernya, yaitu di situs Github.

Saya simak dokumentasinya, lalu sempat berfikir beberapa saat, akhirnya saya putuskan untuk memberanikan diri install software ini di macbook saya. Sambil saya buat dokumentasinya.

Apakah ini akan berhasil? sayapun tidak tahu pasti, tapi mari kita coba.

Langkah-langkah Installasi Software “Voice Changer” by W Okada, di Mac OS (M1)

  1. Kunjungi sumber aslinya di Github

    Ketik di google “Voice Changer W Okada Github” atau klik disini
    Voice Changer W Okada Github 1

  2. Pilih Versi OS dan Update terbaru

    Scroll kebawah sampai menemukan tabel ini. Lalu klik link yang berwarna biru untuk mengunduh softwarenya.

    Kalau link Google Drive ada konfirmasi “Maaf, saat ini Anda tidak dapat melihat atau mendownload file”. yang artinya link tersebut sedang banyak yang mengakses, maka kamu bisa download via Hubbing Face (dibawah link google).

  3. Unduh bersi terbaru

    Pilih yang terbaru, lalu klik tombol unduh.
    Voice Changer W Okada Github 3

  4. Extract file *.zip lalu jalankan file MMVCServerSIO.app

    Setelah file sudah terunduh, buka folder, lalu extrac file MMVCServerSIO_mac_onnxcpu-nocuda_v.x.x.x.xx.zip

    CATATAN PENTING : Letakan folder “MMVCServerSIO_mac_onnxcpu-nocuda_v.X.X.X.XX” ini di folder root, dengan kata lain, jangan taruh folder ini di dalam folder lagi. Contoh : langsung copy paste ke Desktop/MMVCServerSIO_mac_onnxcpu-nocuda_v.X.X.X.XX karena kalau kamu menaruhnya di dalam folder, installasi akan gagal.

    Voice Changer W Okada Github - extract file zip

    Klik kiri dua kali, untuk menjalankan file ini.

  5. Konfirmasi keamanan

    Saat muncul konfirmasi seperti ini, pilih Open. atau kalau muncul peringatan dalam bentuk lain, abaikan lalu ulangi klik dua kali file MMVCServerSIO.app maka nanti akan muncul konfirmasi seperti dibawah ini.

  6. Proses installasi berjalan di terminal

    Munculnya terminal dengan baris perintah seperti dibawah ini, adalah tanda proses installasi sedang berjalan dan tunggu sampai proses selesai.

    Saat proses sudah selesai, dengan keterangan “5 completed.” tutup terminal.

  7. Jalankan file startHttps.command

    Di dalam folder yang sama, cari file bernama startHttps.command lalu klik dua kali. Maka akan membuka terminal baru, dan proses membuka aplikasi akan dimulai.

    Intinya, proses ini membuka file MMVCServerSIO.app terlebih dahulu, baru setelah itu buka file startHttps.command.


    Pilh “Agree”

  8. Tunggu proses download & proses installasi sampai selesai

    Akan muncul dialog terminal baru, dengan proses installasi sebagai berikut.

  9. Proses installasi selesai

    Saat proses installasi selesai, nanti akan ada konfirmasi seperti ini.

  10. Tampilan aplikasi

    Berikut tampilan aplikasinya. Saat saya klik tombol “start” apa yang terjadi?

    Aplikasi not responding!! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Tidak bisa digunakan! ngeblank layar putih.

Hasilnya bagaimana?

Setelah installasi, aplikasi tidak bisa digunakan. gejala awalnya not responding, lalu berubah menjadi layar blank putih. Ternyata saya baru perhatikan di github nya “Voice Changer by W Okada” ini, di tab issues sudah ada topik yang membahas bahwa pengguna mac banyak yang mengalami error yang sama seperti ini. Ada yang mengatakan berhasil ada yang tidak. Sangat membingungkan, akhirnya saya putuskan untuk memposting komentar juga disana. Bisa cek di link ini.

Bagaimana kesimpulannya?

Ternyata sampai sekarang saya belum berhasil menemukan aplikasi/software voice changer yang sudah siap digunakan, terutama untuk Mac.

Tapi dari beberapa opsi yang saya temukan sejauh ini, software “Voice Changer by W Okada” ini yang paling potensial menurut saya. Benar-benar berbeda dari yang lain. Karena software yang lain, mereka agak mirip-mirip satu sama lain. Sedangkan Voice Changer by W Okada sangat-sangat berbeda.

Jadi untuk sementara, yang bisa saya lakukan untuk software “Voice Changer by W Okada” ini adalah menunggu update terbaru. Karena kalau saya perhatikan, dari tanggal update aplikasi dan komentar-komentar orang di github, semuanya masih baru, masih aktif diskusinya sampai hari ini, beberapa komentar saya lihat ada yang baru 1 hari lalu, 1 jam lalu, bahkan beberapa menit lalu. Jadi diskusinya masih sangat hangat, sepertinya developernya juga sedang bekerja keras untuk memperbaiki bug-bug yang ada. Jadi saya pikir ini tidak akan berhenti sampai disini, sehingga saya akan pantau secara berkala, bagaimana perkembangannya.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Putu Adi.


belajar kombucha

Follow saya di sosial media

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments